ACupOfReality

Tips Menaikkan Page View Blog

Halo Royaltea semua! Apa kalian tahu? Menaikkan Page view bagi blogger itu penting, lho!  Oleh karena itu aku mau berbagi seputar tips menaikkan page view pada Royaltea semua. Tulisan kali ini aku meresume dari materi yang sangat luar biasa yang aku dapat dari webinar marathon bersama dengan growthing. Untuk materi pada hari pertama dispaikan oleh coach Rini dari Celoteh dini hari tentang Page view. Bagi seorang blogger newbie yang masih belum akrab banget sama istilah-istilah dalam dunia perbloggingan, materi ini cukup membuat otakku ngebul. Tapi aku akan coba merangkumnya dengan segenap jiwa dan ragaku.

cara menaikkan page view

Tips Menaikkan Page View Versi Coach Rini


Sebelum kita mengulik lebih jauh, ayo kita pahami dasarnya dulu, yuk! Sebenernya ... Apa sih page view itu?

Apa itu page view?


Kalau kata coach Rini, page view adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog (user/visitor). Semakin tinggi jumlah page view artinya semakin bagus pula kualitas konten di blognya. Ada beberapa istilah yang harus Royaltea semua ingat jika mau berurusan dengan page view ini.

Yang pertama adalah unique visitor (UV). Unique visitor adalah pengunjung yang mana kedatangannya ditentukan oleh IP address, browser, dan cookies yang tersimpan di setiap browser.

Lalu yang kedua adalah page view (PV), yaitu tatangan jumlah halaman yang muncul setelah pengunjung mengklik satu tautan tertentu.

Terakhir adalah bounce rate. Bounce rate adalah persentase dari pengunjung yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan seperti mengklik link tertaut atau membuka halaman lain.

Kenapa sih penting untuk menaikkan page view?


Ada beberapa alasan kenapa kita harus memperhatikan page view ini.

1. Page view (PV) yang tinggi bisa membuka pintu lebar untuk adsense.


Tau kan apa itu adsense? Yaps, adsense adalah iklan yang biasanya muncul di halaman blog atau website. Kalau page view kita tinggi, maka kemungkinan pengunjung blog mengklik iklan tersebut juga semakin tinggi. Hal ini bisa mendatangkan cuan, lho!

2. Meningkatkan conversion rate.


Conversion rate adalah persentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis dari total pengunjung website. Jadi misalnya ada pemilik bisnis yang memasang iklan di blog kita, kemudian dari 1000 pengunjung blog kita 20 diantaranya melakukan pembelian. Itu artinya conversion rate kita adalah 2%.

3. Page view (PV) yang tinggi menandakan blog dan kontennya berkualitas. 


Apa iya? Iya dong! Logikanya kalo konten dan blognya kurang berkualitas maka pengunjung akan merasa enggan untuk mampir, kan?

4. Meningkatkan Rate Card (fee). 


Mungkin ini untuk para blogger yang sudah pro kali ya, jadi aku sih masih belum ngerti banget soal yang ini.

5. Memperbesar peluang kerjasama. 


Sekarang mulai banyak client yang melihat page view sebelum mengajak kerjasama.

Tapi, kata coach Rini page view ini masih belum mendapat perhatian khusus dari para blogger. Kenapa ya?


Karena masih banyak blogger yang belum mengerti manfaat dari page view ini. Jadi mereka hanya fokus untuk menaikkan domain authority (DA) dan mengabaikan Page view ini.

Sumber traffic atau page view


Nah setelah tadi membahas apa itu page view, kenapa page view itu penting, dan kenapa page view masih sering terpinggirkan, kita akan membahas tentang sumber dari page view itu. Coach Rini menjelaskan ada empat sumber traffic ini, yaitu :

1. Organic search. Maksudnya ini adalah pengunjung mengunjungi blog diarahkan oleh mesin pencarian google.

2. Direct. Kalo ini maksudnya pengunjung mampir ke blog dengan langsung mengetik url blognya. Tapi kalo traffic dari sumber yang ini tinggi agak kurang bagus.

3. Social. Pastinya sebagai blogger kita akan mempromosikan blog di sosial media kita, 'kan? Seperti meletakkan link blog di bio instagram atau twitter. Nah, setiap pengguna sosial media mengklik url yang ada di bio akun sosial media kita, itulah yang disebut traffic dari social.

4. Referal. Kalo gak salah ini sih sumbernya dari blog lain yang menyematkan link blog kita di artikelnya.

tips menaikkan traffic

Cara menaikkan page view atau traffic


Ini dia bagian yang ditunggu-tunggu. Gimana sih caranya naikin page view?

1. Riset keyword. 


Dengan menggunakan keyword yang tepat, peringkat website juga akan menjadi lebih baik sehingga dapat menghasilkan web traffic yang tinggi. Ada beberapa cara untuk riset keyword ini.
Yang pertama dengan menggunakan feeling atau intuisi. Maksudnya, Royaltea semua bisa menulis apapun yang lewat di pikiran kalian.

Lalu yang kedua bisa menggunakan beberapa keyword tool seperti google keyword, keywordtool.io, keywordfinder.id, nelipatel

2. Tulis artikel yang SEO friendly. 


Walaupun bikin pusing tapi ini penting banget, lho, Royaltea untuk mengoptimalkan SEO dalam blog kita. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan SEO ini, yaitu :

Pemilihan keyword yang tepat

Judul berisi keyword

Gaya bahasa yang paling nyaman

Perhatikan permalink

Penempatan keyword dan LSI

Jumlah keyword

Heading dan subheading

Link eksternal dan internal

Optimasi gambar

Meta deskripsi


Kalau Royaltea semua mau belajar SEO lebih dalam bisa banget nih mampir ke sini.

3. Link building. 


Link building adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website Royaltea semua. Nah, untuk tips yang ini Royaltea bisa kolaborasi sama blogger lain. Misalnya untuk nulis artikel yang related, terus Royaltea bisa minta untuk menyematkan link menuju artikel atau blog kalian di artikel mereka.

4. Menulis artikel yang trending atau viral. 


Royaltea bisa menulis tentang apa sih yang lagi hangat dibicarakan saat ini. Untuk taunya gimana? Kalo Royaltea pengguna twitter, Royaltea bisa tuh lihat kata atau hastag apa yang lagi ramai digunakan. Atau Royaltea juga bisa gunakan tools ini https://trends.google.com/trends/explore

5. Blogwalking. 


Ini pasti udah hafal lah ya .... Sebagai blogger ya blogwalking ini penting. Pentingnya buat apa? Pertama dengan blogwalking Royaltea bisa menjalin networking dengan blogger lain, dan yang kedua kita juga bisa menemukan ide untuk tulisan selanjutnya.

6. Optimalkan page speed. 


Royaltea pasti merasa kesel 'kan kalau lagi buru-buru mau buka blog eh, loadingnya lama banget. Auto gak jadi, deh .... Ini harus jadi salah satu poin penting yang harus para blogger perhatikan. Usahakan agar loading page kita tuh cepat. Untuk itu kalau mau menyisipkan gambar ke dalam artikel ukurannya jangan terlalu besar.

7. Desain blog yang menarik dan navigasi yang mudah nan jelas. 


Pada dasarnya manusia tuh suka sesuatu yang menarik, unik, dan indah. Kalau udah ngeliat yang indah-indah pasti betah. Nah, begitu juga dengan para pengunjung blog. Mereka pasti suka berlama-lama di blog yang tampilannya menarik dengan navigasi yang sangat membantu mereka. Jadi bakal lebih nyaman, deh!

8. Kulik google search console dan google analytics. 


Ini bisa membantu untuk melihat bagaimana performa blog dan traffic blog.


Setelah materi dari coach Rini selesai, ternyata ada tambahan materi lagi, nih dari coah Baim. Coach Baim sendiri membahas tentang google analytics.

Apa itu google analytics?


Google analytics adalah tools gratis yang disediakan oleh google yang bisa membantu para blogger untuk memantau traffic blognya.

Kenapa harus pakai google analytics?


Karena dengan google analytics Royaltea bisa memantau bagaimana traffic blog. Royaltea juga bisa mengetahui darimana saja sih sumber traffic blognya Royaltea. Setelah melihat traffic Royaltea juga bisa mengevaluasi konten di blog, mana yang kurang trafficnya dan mana yang kenceng banget trafficnya. Terakhir, dengan google analytics Royaltea juga bisa lebih memahami audience blognya Royaltea, jadi bisa lebih menyediakan konten yang kira-kira bakal membuat audience tertarik.

Menu wajib google analytics untuk blogger


1. Real-Time. Dengan menu ini kita bisa memantau visitor yang lagi mampir ke blog kita. Terus kita juga gak perlu repot-repot merefresh pagenya karena menu ini akan berganti dengan sendirinya jika ada visitor yang baru masuk atau keluar.

2. Audience. Fitur ini membantu Royaltea mengenali audience lebih dalam. Royaltea bisa tau range umur audience, gender audience, bahkan gawai apa yang audience gunakan saat mampir ke blognya Royaltea.

3. Acquisition. Kalau menu yang ini Royaltea bisa melihat rangkuman sata traffic blog. Seperti sumber dari trafficnya dan juga jumlah visitor yang berkunjung dalam waktu tertentu.


Itu dia tadi materi yang aku dapat dari webinar bersama growthing pada tanggal 25 oktober kemarin tentang cara menaikkan page view. Gimana? Apa Royaltea mulai pusing? Hehe, bagus kalau pusing, karena kata dosenku pusing saat mempelajari sesuatu itu berarti otak kita sedang berusaha mencerna informasinya.

Sampai ketemu di postingan selanjutnya! Bye~
Mulya Riza Rahmawati
A writer and a blogger who loves to learn more about history and philosophy.

Related Posts

2 komentar

  1. Ilmunya komplit, makasih mbak Mulya

    BalasHapus
  2. Mantap nih. Setuju sekali dengan closing-nya, jika kita merasa pusing itu berarti otak kita sedang berusaha mencerna informasi

    BalasHapus

Posting Komentar